Mari Gemakan Pancasila Di Bumi Pertiwi

Selamat Hari Lahir Pancasila  ( 1 Juni 1945 - 1 Juni 2020 )

Kita sebagai Bangsa Indonesia, Bangsa yang besar dengan jumlah penduduk terbesar ke 4 di Dunia tentulah harus bersyukur dan bangga dengan dijadikannya Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara Indonesia. Yang terbukti mampu menyatukan seluruh bangsa Indonesia dalam satu falsafah dan pandangan hidup berbangsa dan bernegara.

Tema "Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju" yang diusung dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020, sangat relevan dengan kondisi saat ini. Dimana kita bersama ketahui, saat ini kita sedang berada dalam Pandemi Covid-19, yang tentunya sangat membutuhkan Gotong Royong untuk bersama-sama mengikuti anjuran Pemerintah dan mematuhi protokol kesehatan yang ada, untuk tetap di rumah,  atau jika terpaksa beraktifitas di rumah harus tetap memperhatikan protokol kesehatan sesuai era New Normal, wajib pakai masker, jaga jarak, jaga kebersihan, sering cuci tangan dengan sabun ( atau hand sanitizer).


Gotong Royong untuk saling peduli,peka dan membantu warga masyarakat lain yang terdampak Covid-19, seperti juga yang sudah digerakkan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan seruan "Jogo Tonggo" yang mencakup jaring pengaman sosial dan keamanan, serta jaring ekonomi.